Manfaat Konsumsi Ikan Lele untuk Kesehatan dan Faktanya.


TabloidKita.my.id - Ikan Lele yang secara ilmiah dikenal sebagai Siluriformes adalah kelompok ikan berkuda yang beragam. Ada lebih dari 3000 spesies ikan lele yang dapat ditemukan di semua benua, kecuali di Antartika. Lele mendiami ekosistem air tawar, seperti sungai dan kolam, tetapi beberapa spesies ikan lele beradaptasi dengan kehidupan di air asin dan gua. Lele adalah salah satu jenis ikan yang paling banyak dibudidayakan (daging dikonsumsi sebagai makanan lezat di seluruh dunia). Beberapa jenis ikan lele (seperti lele mekong) sangat dalam bahaya kepunahan karena kontaminasi memancing dan air yang berlebihan.

Lele memiliki fitur dengan bentuknya yang licin, kumisnya sedikit datar dan memanjang dalam waktu yang panjang, terjebak di sekitar mulut. Lele tidak memiliki timbangan; Tubuh mereka sering telanjang. Pada beberapa spesies, kulit yang tercakup dalam lendir digunakan dalam napas kulit, di mana ikan menghirup kulit. Di beberapa ikan lele, kulit ditutupi dengan lempengan yang disebut timbangan; Beberapa bentuk pelindung tubuh muncul dalam beberapa cara agar. Ikan lele termudah mengakui dari kepala datar, tulang belakang yang rata dan panjang sebagai kumis yang menonjol.

Bagres didominasi oleh ikan air tawar, tetapi ada juga varietas air garam, yang dikenal sebagai ikan babi. Lele mendapatkan namanya dari antena panjang sebagai kumis yang menghiasi moncongnya. Ikan lele adalah ikan yang lembut, keras dan rendah lemak dengan kulit yang tidak diinginkan yang harus dibuang sebelum dimasak. Metode memasak yang direkomendasikan untuk ikan lele termasuk uap, rebus, panggang dan goreng. Seafood Semur juga dapat mengambil manfaat dari penambahan ikan lele.

Karakter fisik

Tidak seperti kebanyakan ikan, ikan lele tidak memiliki sisik. Biasanya, mereka memiliki sirip adiposa, dan berkali-kali sinar saat tulang belakang hadir di bagian depan belakang dan sirip dada. Sirip punggung sebagian besar spesies bagres memiliki dua duri, yang pertama sangat singkat. Seperti disebutkan, tubuh ikan lele dapat telanjang atau ditutupi dengan lempengan dari tulang. Biasanya, ada hingga empat pasang bar di kepala, dengan dua di dagu, hidung dan rahang superior, tetapi hidung dan dagu tidak bisa ada. Dengan pengecualian diplomystimae, rahang atas bukan gigi.

Nilai gizi

Selain rasa manis dan jernih, lele adalah sumber gizi, vitamin, dan mineral yang baik. Konsumsi 143 gram butterfish menawarkan 3,98 g vitamin B-12, 26,37 g protein, 353 mg fosfor, 10,28 g total lemak, 14,2 g selenium, 1,16 mg vitamin B5, 3.644 mg vitamin B3, 112, 5 mg vitamin bukit. , 0,253 mg vitamin B6, 170 mg natrium. Selain itu, ada banyak asam amino dari 0,315 g tryptophan, 1.191 g treartin, 1.173 g isolusin, 1.996 g leusin, lisin 2,398 g, mimsi dari 0,771 g, 0,28 g, ditemukan 0,28 g, juga itu ditemukan pada 143 gram ikan lele.

Nutrisi Umum.

Sebagian 3 ons dari lele air tawar dingin yang dimasak dengan metode memasak kering menyediakan sekitar 89 kalori, 15,7 gram protein, 2,4 gram lemak dan 0,6 gram lemak jenuh dan karbohidrat. Kandungan jenuh protein, lemak dan lemak, masing-masing mewakili sekitar 31 persen, 4 persen dan 3 persen dari nilai harian.

Vitamin

Ikan lele mengandung kadar vitamin B-12 yang sangat tinggi, memberikan 104 persen asupan referensi pangan oleh 3 ons. Vitamin B-12 bertanggung jawab untuk membuat bahan genetik, pembentukan sel darah merah normal dan kesehatan neurologis. Tiga ons lele juga memasok 16 persen tiamin dan 13 persen dari DRI Niasin. Ini membantu Thiamia dan Niasin untuk mempertahankan nafsu makan yang sehat, pencernaan, produksi energi, kesehatan saraf dan pertumbuhan kulit dan saraf. Catflavin menawarkan riboflavin, vitamin B-6, folat dan vitamin A.

Mineral

Lele memiliki magnesium tingkat tinggi; Bagian 3 oz mengandung 21 persen dri. Magnesium memainkan peran penting dalam kesehatan, yang membantu mengatur kadar glukosa dalam tubuh, sintesis protein dan asam nukleat dan konversi makanan menjadi energi seluler. Lele menyediakan kalium 8 persen dalam porsi 3 ons kecil. Kalium sangat penting untuk mempertahankan tingkat elektrolit yang sesuai, yang berkontribusi pada transmisi impuls saraf, kontraksi otot dan fungsi jantung yang sehat. Bagre menawarkan sejumlah kecil magnesium, seng dan besi.

Pertimbangan

Meskipun ikan lele memiliki lemak tanpa pengawasan, porsi 3 ons berisi 17 persen dari DV kolesterol, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Untuk menghindari kolesterol tambahan tambahan di ikan lele Anda, hindari metode memasak yang melibatkan mentega. Sebaliknya, coba tambahkan kantong uap, panggang, rebus atau memanggang dalam salad atau mengganti daging dengan ikan lele di taco dan hamburger. Hindari saus yang mengandung lemak dan garam karena mereka lebih suka jus lemon segar atau saus. (hrs)

About Author Mohamed Abu 'l-Gharaniq

when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries.

Start typing and press Enter to search